About



Saat ini perkembangan kota yang begitu dinamis membuat tantangan bagi pengembangan kota begitu banyak. Saat ini sebuah kota dituntut untuk mampu melakukan banyak terobosan baru terhadap potensi yang dimiliki untuk dapat meningkatkan nilai tawar dan branding kota tersebut dan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di era globalisasi saat ini.

Saat ini terdapat tiga bahasan tentang perkotaan yang mampu menjadi identitas kota apabila mampu mengadopsi nilai-nilai yang ada di dalamnya. Pertama Kota Seni, yang hanya dimiliki oleh sedikit kota di Indonesia. Kedua Kota Kreatif, dimana kota yang didalamnya masyarakatnya mengartikulasikan kehidupan sehari-hari mereka dengan bersumber dari ide-ide kreatif. Ketiga, aspek ekologi dimana perkembangan kota saat ini juga dihadapkan pada tantangan penurunan kualitas lingkungan. 

Oleh karena itu perlu adanya kajian bersama dalam bentuk akulturasi pembelajaran akademisi baik pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, pemegang kebijakan dan para stakeholder. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaborasi bagi peningkatan wawasan dan peran terkait dengan ide identitas kota berbasis pada tiga hal diatas. Sehingga, Plano In Action tahun ini mengangkat tema Acrepolis yang merupakan singkatan dari Art, Creative, dan Ecology.
--------------------------------------------------------------------------------------

Nowadays, the dynamic development of cities makes more challenges for its own development. A city should be able to make new innovation of its potency so it could raise the value and the branding to face all the challenges on this globalization era. 

There are three subjects about cities that could be the city identity if the city itself could absorb the values of those three subjects. First, the city of art, as there are not so many cities in Indonesia that have the art-identity. Second, creative city, the city where its people articulate their daily life based on creative ideas. And the third, the ecology aspect as the development of the cities face the challenge of the decreasing environmental-quality level.

So we need a discussion in the form of a study-acculturation by the academics (students, college students, societies, policy holders, and stakeholders). The event is a form of collaboration to increase the knowledge and awareness about the city identity based on those three subjects (Art, Creative, and Ecology). Therefore, this year Plano In Action brings up "Acrepolis" that stands for Art, Creative and Ecology city.

0 comments: